UNS go openSource…bisa g ya?…pasti bisa!!!

Sat uns pada tahun ini meluncurkan program POSS sat puskom UNS,program ini bertujuan untuk mengenalkan teknologi open source yang berbasis linux..

Dengan hanya mendaftarkan sebagai member disat uns dan membayar rp 10.000 bisa meminjam berbagai macam distro linux sepuasnya selama yang bersangkutan masih berstatus sebagai mahasiswa UNS.

oh ya bukan hanya mahasiswa saja yang bisa memanfaatkan fasilitas yang ada disat ini tetapi juga dosen,staff dan karyawan yang berdomisili di universitas kita ini dalam artian semua civitas akademika sebelas maret boleh ikut berpartisipasi dalam program UNS go open source..

Keterangan lebih lanjut Konfirmasi ke SAT UNS lantai 1 Gedung Puskom..


Sedikit mengulas tentang Linux baca aja keterangan dibawah ini yang aku ambil di wikipedia..

Kita mulai ya..

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/)[1] adalah nama yang diberikan kepada sistem operasibertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.[2] komputer

Nama “Linux” berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.[3]

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer,[4], dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3XBox[5]), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) (seperti GNOME dan KDE), dan paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar