Instalasi IGOS Nusantara

Indonesia, Go Open Source! (IGOS) adalah gerakan pemerintah untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Open Source Software dan sistem terbuka lainnya seperti Open Document Format (ODF), Open Standards, dan lain-lain. Sementara Linux IGOS Nusantara adalah distro yang dirilis pemerintah RI melalui Kementerian Negara Riset dan Teknologi.

Dibawah ini akan terangkan bagaimana cara menginstal Linux IGOS Nusantara dengan harapan dapat membantu proses migrasi ke sistem linux bagi mahasiswa ataupun masyarakat umum untuk bisa menggunakan sistem operasi ini.. 🙂

Install IGOS Nusantara

Langkah Menginstalasi IGOS
from web : www.pikiran-rakyat.com

MENGINSTALASI IGOS Nusantara, tidak jauh berbeda dengan menginstalasi program lain. Jika mau mencoba, Kementerian Ristek berjanji menyediakan CD-nya secara gratis. Untuk memulai instalasi IGOS Nusantara, minimum spesifikasi perangkat keras yang dibutuhkan yaitu:

– Processor Intel Pentium Class (Optimum paa Pentium 4 CPUs) atau AMD 64 Processors (Athlon64 dan Opteron) atau Minimum CPU Power PC G3/Power4.

– Minimum RAM untuk Text mode: 100MB.
– Minimum RAM untuk Graphical mode: 192 MB (rekomendasi 256 MB).
– Kapasitas hardisk minimum 3 GB.

1. Memulai instalasi

Untuk memulai instalasi IGOS Nusantara, boot komputer dari media boot (CD, DVD, USH, hard disk atau jaringan) di mana komputer dapat mendukung tipe boot tersebut. Jika instalasi dilakukan dari CD, pilih CD-ROM sebagai prioritas pertama boot. Setelah itu masukkan CD instalasi ke CD ROM, lalu booting ulang komputer. Setelah muncul tampilan pembuka, untuk meng-install dalam mode grafik, tekan “Enter”. Jika ingin memilih mode text, ketik linux lalu tekan “Enter”. Sebelum memulai instalasi, komputer akan memeriksa kondisi media CD instalasi. Anda bisa melewatinya dengan menekan skip untuk menuju proses selanjutnya.

2. Pemilihan bahasa

Halaman selanjutnya adalah pemilihan bahasa. Default bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris (English). Setelah memilih, tekan “Next”.

3. Pemilihan “keyboard”

Pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih tipe keyboard. Tipe yang biasa digunakan di Indonesia adalah US English. Tekan “Next” untuk menuju halaman selanjutnya.

4. Partisi “hard disk”

Tahap berikutnya adalah membuat partisi pada harddisk. Terdapat empat pilihan, yaitu:

– Remove all partitions on selecter drives and create default layout.
– Remove Linux partitions on selecter drives and create default layout.
– Use free space on selected drives and create default layout.
– Create custom layout.

5. “Boot loader”

Jika Anda mempunyai sistem operasi lebih dari satu, Anda harus memilih sistem operasi mana yang akan langsung digunakan saat komputer booting. Jika ingin dilakukan secara otomatis, berikan checklist pada kotak yang ada di kolom default.

6. Konfigurasi jaringan

Halaman konfigurasi jaringan hanya akan ditemui jika sistem mendeteksi adanya kartu jaringan pada komputer Anda. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan konfigurasi jaringan yang Anda miliki. Biasanya sistem akan secara otomatis mendeteksi device jaringan yang ada. Banyak jaringan yang mempunyai layanan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yang secara otomatis mendukung sistem yang terhubung dengan data konfigurasi. Secara default, IGOS Nusantara akan mengaktifkan semua antarmuka jaringan pada komputer Anda dan mengaturnya untuk menggunakan DHCP.

7. Pemilihan zona waktu

Pada halaman ini, akan ditentukan zona waktu yang sesuai dengan lokasi. Untuk memilihnya tinggal mengarahkan mouse ke peta dan memilih titik kuning yang melambangkan kota yang terdekat degan lokasi, Jakarta untuk WIB, Makasar untuk Wita, dan Jayapura untuk WIT.

8. Kata kunci “root”

Setiap sistem Linux mempunyai account root yang merupakan super user atau administrator sistem. Sebagai administrator sistem, Anda mempunyai akses tidak terbatas untuk mengonfigurasi atau memodifikasi sistem, dalam hal ini menggunakan account root. Sebaiknya hindari penggunaan account root untuk keperluan umum untuk meminimalkan kemungkinan kerusakan sistem.

9. Pilihan instalasi

Pada halaman ini dapat dipilih tipe instalasi yang sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga pilihan yang tersedia yaitu:

– Office dan Productivity, tipe instalasi berisi paket-paket software umum untuk keperluan perkantoran dan administrasi.

– Software Development, pada tipe instalasi ini paket-paket yang berguna untuk kegiatan pemrograman software.
– Web Server, tipe ini merupakan tipe khusus digunakan untuk keperluan server pada jaringan.

10. Proses instalasi

Setelah melakukan pemilihan paket instalasi, proses instalasi akan segera dimulai. Lamanya proses instalasi tergantung dari banyaknya paket instalasi yang akan di-install dan kemampuan komputer yang Anda instalasi. Tekan “Next” untuk memulai meng-install paket instalasi.

11. Konfigurasi pascainstalasi

Setelah selesai instalasi komputer akan meminta Anda melakukan boot ulang. Pastikan CD instalasi sudah dikeluarkan dari CD-ROM drive. Setelah masuk ke sistem, Anda akan menemui beberapa pengaturan sebelum sistem benar-benar dijalankan, yaitu perjanjian lisensi, keamanan jaringan, Elinux, tanggal dan waktu, tampilan, pengguna sistem, dan kartu suara.

Setelah konfigurasi pascainstalasi selesai, muncul halaman login. Masukkan nama pengguna dan kata kunci yang telah dibuat. Pertama masukkan nama pengguna lalu tekan “Enter”. Selanjutnya, masukkan kata kunci dan tekan “Enter”. Jika keduanya sesuai, Anda akan masuk ke layar desktop X-Windows.

Pada login form ini ditekankan memilih language atau pemilihan bahasa dengan menggunakan bahasa Indonesia untuk memudahkan penggunaan aplikasi desktop IGOS Nusantara. /Sumber Panduan Instalasi IGOS Nusantara)

4 Responses to “Instalasi IGOS Nusantara

  • Zaenuidn
    9 years ago

    Saya sudah menginstal IGOS, tapi setelah selesai dan diminta memasuka login selalu tidak bisa, dan ketika proses intstal pun tidak diminta untuk memasukan nama pengguna, bagaimana cara mengatasinya,…?

    Admin say:
    Coba anda masukkan root dengan paswordnya root juga pada saat proses Login.

  • sy menginstlall igos
    tp saat install dia memints mencari driver???gimana
    mas tolong kirim ke email saya kalo bisa ya mas

  • mas aku newbie aku coba install igos tapi saat boot muncul tulisan disk error 80,AK=4280, DRIVE 9F apa maksudnya ? mohon bantuannya

Trackbacks & Pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar