Nama orang jawa

October 20, 2008 by
Filed under: renungan 

Memilih nama untuk seorang anak bukan persoalan sederhana . Di balik nama-nama, selalu terkandung doa dan harapan dari orang tua untuk masa depan si anak. Nah, nama pada pria Jawa sesungguhnya memiliki “tujuan” yang paling jelas untuk dipahami, harapan orangtuanya, agar anaknya kelak bisa sesuai yang diharapkan.

Nih Contohnya :

Pandai menanam bunga, diberi nama Rosman.

Pandai memperbaiki mobil, diberi nama Karman.

Pandai main golf, Parman.

Pandai makan orang : sumanto

Pandai dalam korespondensi, Suratman.

Gagah perkasa, Suparman.

Kuat dalam berjalan, Wakiman.

Berani bertanya, Asman.

Ahli membuat kue, Paiman.

Pandai berdagang, Saliman.

Pandai melukis, Saniman.

Agar jadi orang kaya, Sugiman.

Agar besar nanti paNdai cari muka, Yasman

Suka begituan, Pakman

Suka makan toge goreng, Togiman

Selalu ketagihan, Tuman

Suka telanjang, Nudiman

Selalu sibuk terus, Bisiman

Jadi org pelit, Eman

Nggak kebagian, Ora uman

Biar jadi penjahit, Jasman

Pribadinya manis, Legiman

Indah dipandang, Taman

Agar selalu sukses, Luckman

Jadi pemalak, Preman

Tukang sosor, Kisman

Biar pinter main game …. Giman

Biar bisa sering cuti …. Sutiman

Biar jadi juragan sate …. Satiman

Biar jadi juragan trasi …. Tarsiman

Biar pinter memecahkan problem …. Sukarman

Biar kalau ujian ndak usah mengulang …. Herman

Biar pinter bikin jus …. Yusman

Biar jadi orang yang berwibawa …. Jaiman

Biar jadi pemain musik …. Basman

Biar awet muda …. Boiman

Biar pinter berperang …. Warman

Biar jadi orang Bali …. Nyoman

Biar jadi orang Sunda …. Maman

Biar lincah seperti mony3t …. Hanoman

Biar jadi orang Belanda …. Kuman

Biar tetep tinggal di Jogja …. Sleman

Biar jadi tukang sepatu handal …. Soleman

Biar tetep bisa jalan walau ndak pake mesin …. Delman

Kira-kira seperti itulah nama orang jawa yang sering digunakan dalam kehidupan di tanah jawa ini..

Benar atau tidaknya wallahuallam…. :D

Comments

4 Responses to “Nama orang jawa”

  1. kurnia on October 20th, 2008 8:01 pm

    capek de…
    tak kirain abis dapet sms dari primbon
    jebule…. kik kik kik
    tapi lucu kok mas. apik apik apik :)

  2. Cozz on October 21st, 2008 12:37 am

    Ngarang….huahahaha apa iya ya nama orang djawa selalu berakhiran -man, apa yg dulu dipikirkan nenek moyang kita ya?

  3. yulia on October 23rd, 2008 9:32 am

    huakakak…

    Ternyata nama orang jawa itu ada artinya yah???
    dulu pernah tanya, kenapa namaku “eko” padahal aku cewek. karena nama “eko” identik dengan pria, kan?
    tapi kata kakek, ya karena kamu lahir di Jawa dan anak pertama.

    Puji Tuhan, nama “eko” tidak ada dalam deretan istilah2 nama orang jawa yang kamu buat, njar…hahaha…

    Tapi, karena aku lahir di Jawa, tidak ada embel makasar dalam namaku… :(

    Tapi memang nama itu adalah doa…
    so, berhati-hatilah ketika memberi nama untuk anak…

  4. iu chy on November 11th, 2008 3:06 pm

    mw tanya,,, di Indonesia (esspecially on Java) kan ada tuh nama2 yang dianggep NdeOs (ndesit, ndesO .ed),, klo di luAR neGeri sonoo ada jugaaa ngga yahhh,,,???

    :D

Feel free to leave a comment...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!





*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image

  • Author

    Anjar Rahmat B saat ini masih aktif sebagai Staff maganger di Puskom UNS, Juga aktif menjadi admin SMS Gateway email saya di anjarrb@yahoo.co.id
  • browsing and get money

  • update post

  • Komentar terakhir :)

  • pengunjung

  • Alih Bahasa

  • Saran dan Kritik yang baik ya.. :D


    ShoutMix chat widget
  • status YM Anjar